Apa itu Community as Partner (CAP) dalam Keperawatan Komunitas

CAP menurut Hitchcock, Schubert dan Thomas, pada tahun 1999 adalah panduan proses keperawatan mulai dari pengkajian sampai implementasi dalam keperawatan komunitas yang terdiri dari tiga tingkatan pencegahan (primer, sekunder dan tersier) serta program evaluasi.

apa itu community as partner (cap)

Model CAP adalah gambaran tentang konsep CAP, Agregat individu atau klien dalam model CAP menurut Stanhope dan Lancaster pada tahun 2004 meliputi intersistem (kelompok yang karakteristiknya satu  atau lebih) dan ekstrasistem meliputi delapan subsistem meliputi komunikasi, transportasi dan keselamatan, ekonomi, pendidikan, politik dan pemerintahan, layanan kesehatan dan sosial, lingkungan fisik dan rekreasi (Anderson & McFarlane, 2000).

Baca Juga: 1. Apa itu GERMAS?
                    2. Pengertian Sehat Sakit
                    3. 6 Tips Lulus Uji Kompetensi (UKOM) bagi Perawat

Anderson dan McFarlane (2000) menyebutkan bahwa model CAP terdiri dari dua komponen utama yaitu roda pengkajian komunitas dan proses keperawatan, Roda pengkajian komunitas terdiri dari dua bagian utama yaitu inti dan delapan subsistem yang mengelilingi inti dan merupakan bagian dari pengkajian keperawatan, proses keperawatan terdiri dari beberapa tahap mulai dari pengkajian sampai dengan evaluasi.

Sumber:

Anderson, E.T., and McFarlane, J.(2000). Community as partner: Theory and practice in nursing, 3rd.ed, Philadelpia: Lippincott

No comments:

Post a Comment