Asuhan Keperawatan


Asuhan Keperawatan          Asuhan keperawatan adalah suatu bentuk pelayanan keperawatan yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan meliputi kebutuhan biologis, psikologis, sosial dan spiritual yang diberikan langsung pada klien.
Proses keperawatan sebagai alat bagi perawat untuk melaksanakan asuhan keperawatan yang dilakukan pada pasien memiliki arti penting bagi kedua belah pihak yaitu perawat dan klien. Sebagai seorang perawat proses keperawatan dapat digunakan sebagai pedoman dalam pemecahan masalah klien, dapat menunjukkan profesi yang memiliki profesionalitas yang tinggi, serta dapat memberikan kebebasan pada klien untuk mendapatkan pelayanan yang cukup sesuai dengan kebutuhannya (Aziz Alimul H, 2004)

Menurut Mahyar Suara.dkk pada tahun 2010 proses keperawatan adalah suatu metode yang sistematis dan terorganisasi dalam pemberian asuhan keperawatan, yang difokuskan pada reaksi dan respons untuk individu pada suatu kelompok atau perorangan terhadap gangguan kesehatan yang dialami, baik aktual maupun potensial. Proses keperawatan juga dapat diartikan sebagai pendekatan yang digunakan perawat dalam memberikan asuhan keperawatan, sehingga kebutuhan dasar klien dapat terpenuhi.
Jadi proses keperawatan merupakan cara yang dilakukan dalam melaksanakan asuhan keperawatan dari definisi diatas jelas berbeda antara proses dan asuhan keperawatan.

Tujuan Asuhan Keperawatan
1.      Membantu klien untuk mandiri
2.      Menganjurkan klien, keluarga dan masyarakat untuk berpartisipasi dalam bidang kesehatan
3.      Membantuk klien mengembangkan potensi dalam memelihara derajat kesehatan secara optimal sehingga diharapkan tidak ketergantungan pada orang lain dalam memelihara kesehatannya.
4.      Membantu klien mencapai derajat kesehatan yang optimal

Tujuan Proses Keperawatan
1.      Dapat mengindentifikasi berbagai kebutuhan dasar manusia yang dibutuhkan
2.      Dapat menentukan diagnosis keperawatan yang ada pada manusia setelah dilakukan indentifikasi
3.      Dapat menentukan rencana tindakan yang adakan dilakukan setelah diagnosis ditengakkan
4.      Dapat melaksanakan tindakan keperawatan setelah direncanakan
5.      Dapat mengetahui perkembangan pasien dari berbagai tindakan yang telah dilakukan, untuk menentukan tingkat keberhasilan.

Adanya asuhan keperawatan dapat meningkatkan derajat kesehatan klien secara mandiri dalam keadaan sakit maupun dalam keadaan sehat.

Sumber:Alimul.Aziz (2004), Pengantar konsep dasar keperawatan, EGC, Jakarta
Mahyar Suara.dkk (2010), Konsep dasar keperawatan, TIM, Jakarta

2 comments:

  1. Terimakasih, manfaat sekali, kebetulan saya membahas. Topik tentang kesehatan juga
    Kakaners.blogspot.co.I'd
    Terima kasih.

    ReplyDelete