Bahaya Meniup Makanan dan Minuman Bagi Kesehatan

Mungkin ada diantara kita ketika memakan makanan atau meminum minuman yang disajikan dalam keadaan hangat atau panas meniup terlebih dahulu dengan tujuan untuk mendinginkan makanan dan minuman tersebut.
Ternyata anjuran untuk tidak meniup makanan atau minuman sudah disampaikan oleh baginda Rasullulah 14 abad yang lalu, yaitu:
Hadis dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang bernafas di dalam gelas atau meniup isi gelas. (HR. Ahmad 1907, Turmudzi 1888, dan dishahihkan Syuaib Al-Arnauth)
Hadis dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِذَا شَرِبَ أَحَدُكُمْ فَلاَ يَتَنَفَّسْ فِي الإِنَاءِ، وَإِذَا أَتَى الخَلاَءَ فَلاَ يَمَسَّ ذَكَرَهُ بِيَمِينِهِ

Apabila kalian minum, janganlah bernafas di dalam gelas, dan ketika buang hajat, janganlah menyentuh kemaluan dengan tangan kanan… (HR. Bukhari 153).
Namun apakah ada alasan medis tentang bahaya meniup makanan dan minuman, berikut beberapa bahaya yang ditimbulkan jika kita sering meniup makanan dan minuman.

Bahaya Meniup Makanan dan Minuman Bagi Kesehatan

Menyebabkan pembentukan Asam Karbonat
Seperti yang sudah kita tahu bersama bahwa manusia ketika bernafas menghirup O2 dan ketika menghembuskan nafas manusia mengeluarkan CO2 yang merupakan zat sisa pernafasan yang jika bereaksi dengan H2O yang dihasilkan uap panas  makanan dan minuman dapat membentuk senyawa asam karbonat yang bersifat asam dan dapat menggangu keseimbangan asam basa dan menyebabkan perubahan PH darah yang dapat menyebabkan tubuh kita mudah terserang penyakit, penyakit yang muncul jika asam karbonat terbentuk terus menerus adalah penyakit jantung dan ginjal, karena asam karbonat yang terproduksi secara terus menerus dapat menghambat kerja jantung dan ginjal.

Transfer Mikroorganisme
Tentunya kita paham jika hembusan nafas dan mulut kita berpotensi menularkan penyakit karena kemungkinan organisme yang ada didalam mulut dapat mengotori dan mengkontaminasi makanan atau minuman yang akan kita konsumsi nantinya melalui tiupkan yang kita lakukan.

Bagaimana cara mengatasinya agar makanan dan minuman tetap sehat untuk dikonsumsi
Kita lebih baik menunggu makanan dan minuman itu dingin dengan sendirinya, kalaupun kita menginginkan untuk mendinginkannya kita boleh menggunakan kipas angin namun pastikan kipas angin yang kita pakai dalam keadaan bersih.


Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment