Enam Aktivitas yang dapat mencegah anda dari sakit jantung

Sakit jantung masih menjadi penyakit mematikan tertinggi didunia, namun apakah penyakit tersebut tidak dapat di cegah? Berikut enam pencegahan penyakit jantung menurut American Heart Association ( AHA):
1. Stop Smoking
Rokok merupakan penyebab utama sakit jantung, hampir disetiap jurnal international yang membahas tentang faktor resiko penyakit jantung rokok selalu menjadi penyebab utama, mengapa demikian karena konsumsi rokok terus menerus bisa menyebabkan pembuluh darah jantung aterosklerosis atau pembuluh darah jantung menjadi kaku yang pastinya akan menghambat kerja jantung tersebut.
2. Blood Pressure Control
Dengan mengontrol tekanan darah kita bisa selalu sehat, setidaknya seminggu atau 2 minggu sekali, karena tekanan darah terlalu tinggi dan terlalu rendah sama-sama berbahaya apalagi bagi anda yang memiliki hipertensi atau darah tinggi maka control tekanan darah menjadi wajib bagi anda karena hipertensi tidak bisa disembuhkan dan hanya bisa dikontrol.
3. Physical Activity
Olahraga sangat dianjurkan untuk pencegahan penyakit jantung, olah raga seperti apa? Yang pasti olah raga yang tidak memberatkan kerja jantung seperti senam, joging dan aktivitas lainnya yang jelas olahraga yang dianjurkan cukup dilakukan 15-20 menit tiap hari, jadi olah raganya harus rutin bukan olahraga berat tapi hanya dilakukan 1 minggu sekali itu tidak dianjurkan.
4. Diet Management
Hem..makanan, ini yang paling penting untuk dihindari bukan berarti tidak boleh sama sekali tapi kita harus mengontrol supaya tidak berlebihan dalam tubuh, mengkonsumsi secara berlebihan makanan yang berlemak dan kolesterol tinggi sangat tidak anjurkan, mengapa? Karena sisa hasil metabolisme makanan tersebut akan menyebabkan plak dipembuluh darah yang akhirnya menyebabkan penyumbatan pembuluh darah jantung.
5. Stress Management
Perubahan fisik apa yang terjadi ketika anda mengalami stress? Pasti salah satunya adalah jantung berdegup kencang, meskipun stress merupakan mekanisme pertahanan diri dalam tubuh tapi jika berlebihan juga bisa membahayakan jantung anda.
6. Taking Medication
Meminum obat jantung yang telah direkomendasikan dokter adalah salah satu pencegahan penyakit jantung itu sendiri khususnya pada orang yang mengalami hipertensi.
Inilah 6 pencegahan penyakit jantung yang bisa anda terapkan agar jantung kita sehat, agar lebih bermanfaat silahkan anda bagikan pada orang disekitar kita.

No comments:

Post a Comment