5 KHASIAT BAWANG PUTIH UNTUK KESEHATAN

Mendengar bawang putih mungkin anda langsung terngiang dengan aroma khasnya, bawang putih memang memiliki aroma yang sangat khas, tapi dibalik itu semua bawang putih memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita, berikut beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan:

5 khasiat bawang putih bagi kesehatan

1.      Sebagai anti kanker
Peneliti menemukan kandungan sulfida alil pada bawang putih yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan kanker.
2.      Dapat membuang racun dalam tubuh
Senyawa anti oksidan yang terkandung dalam bawang putih efektif untuk membuang racun yang tertimbun dalam tubuh kita.
3.      Sebagai obat anti nyeri
Bagi anda yang sering mengalami nyeri persendian, bawang putih ternyata mempu menringatkan nyeri akibat arthritis, dengan cara menghaluskan bawang putih dan melulurkan pada bagian yang nyeri, ini disebabkan bawang putih dapat melancarkan peredaran darah dan memberikan efek relaksasi pada tubuh kita.
4.      Sebagai anti inflamasi alami
Bawang putih juga bermanfaat sebagai anti peradangan atau anti inflamasi alami, bila anda terkena radang tenggorokan dan juga menderita demam dengan memakan bawang putih dapat meringankan penyakit tersebut.
5.      Ampuh untuk menurunkan kolesterol
Bawang putih juga mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh secara signifikan, menurut hasil penelitian bawang putih dapat menurunkan LDL 10-15% dan tidak memiliki efek terhadap kolesterol baik (HDL), tapi efek sampingnya adalah meningkatkan produksi insulin.

Meskipun bawang putih sangat bermanfaat bagi tubuh kita tapi penggunaan berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan, diare dan memicu reaksi alergi oleh karena itu penggunaan bawang putih tidak dianjurkan lebih dari 5 siung perhari.
(Dari Berbagai Sumber)

4 comments:

  1. Bawang putih emang bagus, tapi baunya itu saya gak kuat mbak. lebih baik makan obat apotek dari pada harus konsumsi bawang putih hiii
    nitip link ya Bisnis

    ReplyDelete
  2. bawang putih selain sebagai penyedap masakan juga berfungsi sebagi obat penawar racun kalajengking.

    cara mengobati polip hidung secara alamai

    ReplyDelete
  3. ternyata gak perlu obat yang berbahan kimia ya, lebih baik kalau sakit pakai obat bawabg putih ini.

    ReplyDelete