Inilah penyebab gagal ginjal yang perlu diwaspadai

Gagal ginjal masih menjadi salah satu penyakit paling mematikan didunia, gagal ginjal terjadi karena fungsi ginjal sudah tidak optimal, fungsi utama ginjal terdiri dari, sekresi sisa metabolisme, filtrasi (penyaringan) dan Mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa, berikut beberapa penyebab gagal ginjal yang patut kita waspadai:

Inilah penyebab gagal ginjal yang perlu diwaspadai

1. Minum Air
Wah minum air bisa menjadi penyebab gagal ginjal? Apakah benar?, minum air bagus bagi kesehatan tubuh kita namun jika berlebihan juga memperberat kerja ginjal begitu juga ketika kekurangan, oleh karena itu perlu ada takaran yang pas dalam meminum air putih, dari berbagai literatur sehari meminum air putih yakni sebanyak 6-7 gelas per hari.

2. Minuman-Minuman Instan
Nah ini yang juga bisa menyebabkan gagal ginjal banyak minuman yang mengandung bahan pengawet, pewarna, berkarbonasi, energi drink dan lain sebagainya yang sekali lagi dapat memperberat kerja ginjal dan endapan sisa dari zat-zat berbahaya didalamnya juga bisa mengendap dan merusak fungsi ginjal, jadi air putih adalah minuman yang paling aman untuk kesehatan ginjal.

3. Kurang Olah Raga
Olah raga baik untuk kesehatan tubuh dan membuat proses metabolisme menjadi lancar begitu juga fungsi utama ginjal akan berjalan dengan baik jika anda rajin berolah raga.


4. Banyak minum obat
Ingat obat adalah racun yang paparan jangka panjang untuk beberapa obat dan bahan kimia, seperti NSAID (obat anti-inflamasi nonsteroid), seperti ibuprofen dan naproxen, dan penggunaan intravena dapat berbahaya jika tidak dikonsumsi dengan benar sesuai dengan ajuran dokter.

5. Kurang istirahat
Bagi pekerjaan yang membutuhkan waktu yang cukup lama apalagi harus dinas dimalam hari, istirahat merupakan sesuatu hal yang sangat penting, ketika kita tidak istirahat maka tubuh akan meningkatkan metabolisme untuk memenuhi kebutuhan energi kita begitu juga ginjal akan terus bekerja dan dalam jangka waktu yang lama akan memperberat kerja ginjal yang dapat berakibat gagal ginjal.

Itulah tadi beberapa penyebab atau gaya hidup yang dapat beresiko menyebabkan gagal ginjal, semoga kita dapat hidup sehat dengan berperilaku sehat

No comments:

Post a Comment