Penyebab Kanker Yang Tidak Kita Sadari

Sampai sekarang Kanker merupakan salah satu 10 penyakit mematikan di Indonesia, sampai sekarang belum diketahui apa penyebab Kanker, oleh karena itu penyebab Kanker sering disebut sebagai faktor resiko, berikut faktor resiko yang dapat menyebabkan penyakit kanker yang tanpa kita sadari:

1. Minuman beralkohol
Minuman beralkohol dapat meningkatkan resiko penyakit kanker meskipun belum jelas penjelasan biologisnya, Kanker yang ditemukan terkait langsung dengan konsumsi alkohol antara lain, kanker dada, lambung, usus, hati, esofagus, laring, mulut dan leher. 
2. Pil KB
Ada beberapa studi yang menyebutkan durasi penggunaan pil KB yang lama bisa menyebabkan Kanker Servik, ini diakibatkan karena dapat mengganggu keseimbangan hormon estrogen dan progesteron sehingga memicu kanker.
3. Asap kendaraan bermotor 
Orang yang lebih sering terkena asap dari bahan bakar disel akan memiliki masalah kesehatan pada saluran pernafasannya. Diesel dan bensin melepaskan karbon monoksida dan hidrokarbon yang beracun dan meningkatkan resiko terjadinya kanker paru-paru.


4. Kosmetik
Faktor penyebab kanker disebut juga karsinogen dan zat karsinogen dapat berasal dari faktor luar yaitu bahan kimia yang terkandung di dalam kosmetik, zat kimia dalam kosmetik yang dapat memicu kanker kulit yang mengandung 1,4-dioxane, Pewangi dan pewarna sintetis, Propylene Glycol, Methyl dan Phrophyland butyl paraben dan masih banyak lagi.
5. Makanan dalam kemasan kaleng
Tempat berbahan logam yang digunakan untuk kemasan  makanan mengandung bahan kimia berbahaya. Mengkonsumsi makanan kemasan dari kaleng akan menyebabkan gangguan hormon dan perubahan DNA yang berakibat pada kanker payudara.

Itulah tadi, beberapa faktor resiko penyebab kanker yang tentunya jika digunakan secara berlebihan dapat meningkatkan resiko penyakit kanker, semoga bermanfaat.

Penyebab Kanker Yang Tidak Kita Sadari

No comments:

Post a Comment