Lakukan ini Maka Anda Akan Terhindar dari Stroke!!

Data dari World Health Organization (WHO) tahun 2012 penyakit jantung dan pembuluh darah masih menduduki peringkat teratas penyebab kematian mulai dari Jantung koroner (PJK), infark miokart akut (IMA)  dan juga stroke.

Lakukan ini Maka Anda Akan Terhindar dari Stroke!!

Lantas apa saja aktifitas yang dapat membuat anda terhidar dari stoke, berikut penjelasannya:

a. Konsumsi sayur dan buah-buahan

Menurut data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) faktor resiko utama penderita stroke karena kurang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, seperti kita ketahui sayur dan buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral yang tentunya baik untuk proses sirkulasi darah.

b. Tidak mengkonsumsi Alkohol

Alkohol dapat mengganggu kemampuan jantung dalam mengendalikan proses sirkulasi darah sehingga tekanan darah meningkat ketika kita mengkonsumsi alkohol. Alkohol dapat menyebabkan kardiomiopati atau kegagalan jantung untuk memompa darah dengan baik.

Baca Juga: 1. Enam Aktivitas yang dapat mencegah anda dari sakit jantung
        2. Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

c. Aktifitas fisik

Aktifitas fisik 30 menit sehari dapat menyehatkan tubuh dan membantu memperlancar peredaran darah, ini merupakan anjuran pemerintah dalam program Gerakan Masyarakat Sehat atau GERMAS.

d. Memeriksa kesehatan secara berkala

Memeriksa kesehatan secara berkala minimal check tekanan darah seminggu sekali, aktifitas ini bermanfaat untuk mendeteksi dini resiko tekanan darah tinggi sehingga penanganan segera dilakukan.

Itulah beberapa aktifitas yang memungkinkan anda terhidar dari penyakit stroke, aktifitas tersebut tidak akan bermanfaat jika anda tidak melakukan secara rutin, terima kasih dan salam sehat selalu.

No comments:

Post a Comment