Sistematika penulisan jurnal ilmiah [Bagian isi]



Sistematika penulisan jurnal ilmiah
Pada sistematika penulisan jurnal ilmiah yang termasuk ke dalam bagian isi yaitu :

1) Bahan dan metode
Disini peneliti memaparkan tentang semua kegiatan yang telah dilakukan,seperti desain percobaan,metode pengumpulan data,analisis data  dan juga perlatan yang digunakan di dalam penelitian.Semua komponen yang dicantumkan di dalamnya harus dilampirkan secara detail agar pembaca dapat memehami teknik dasar dari penelitian.Penulisan langkah-langkah dalam metode dan bahan sebaiknya ditulis dalam bentuk narasi,sehingga tulisannya pun menjadi seperti alur cerita yang menarik.Selain itu,aturan untuk jumlah halaman bagian pada metode tidak diperbolehkan melebihi 20% dari keseluruhan teks.

Baca Juga:
a.       Format Makalah Ilmiah
b.      Kutipan dan Rujukan
2) Hasil
Dalam bagian ini,biasanya menjelaskan tentang  hasil analisis data dari penelitian yang telah dilakukan. Data yang ditampilkan dapat berupa tabel,gambar,grafik atau yang lainnya. Pada bagian hasil ini.sebaiknya tampilkan data-data penting saja yang dapat mendukung hipotesa dari penelitian,namun tetap mudah untuk dipahami oleh pembaca. Data yang sudah ditampilkan pada gambar tidak perlu disampaikan kembali dalam bentuk grafik atau yang lain,sehingga pilihlah yang paling komunikatif bagi pembaca. Selain itu,pada setiap tabel atau gambar harus dilengkapi dengan keterangan.Aturan untuk jumlah halaman bagian pada hasil tidak diperbolehkan melebihi 20% dari keseluruhan teks.
3)  Pembahasan
Pada bagian ini memaparkan tentang penafsiran data dari penelitian yang telah diamati.Didalamnya juga berisi tentang perbandingan dengan percobaan yang dilakukan oleh peneliti lain. Hasil percobaan yang negatif diperbolehkan untuk dicantumkan,sehingga dapat dijadikan sebagai sesuatu yang perlu diperbaiki dalam penelitian di masa mendatang. Aturan untuk jumlah halaman bagian pada pembahasan ini tidak diperbolehkan berkisar antara 30-40% dari keseluruhan teks.

1 comment: