Pengertian Determinan Kesehatan


Pengertian Determinan Kesehatan
Determinan kesehatan merupakan suatu faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan. Faktor-faktor yang terdapat pada deteminan kesehatan pun memiliki tingkatan seberapa besar pengaruhnya terhadap diri. Menurut Florence Nightingale lingkungan dan perilaku gaya hidup mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Dalam lingkungan yang baik, akan tercipta kesehatan yang baik pula dan begitupun sebaliknya. Perbedaan tingkat kesehatan seseorang juga diperngaruhi banyak faktor, contohnya : sosial ekonomi, budaya, politik, kekuasaan, uang serta sumber daya (Pender et al, 2015).

Pengertian Determinan Kesehatan

Kebanyakan masyarakat yang kekurangan sumber daya, uang dan lain-lain akan berdampak pada status kesehatannya. Hal tersebut merupakan determinan sosial yang mempengaruhi kesehatan seseorang. Hal itu juga dapat dijadikan sebagai pembeda tentang status kesehatan pada masyarakat di kalangan atas dan bawah, bahwa pada masyarakat di kalangan atas memiliki status kesehatan yang jauh lebih baik, dan sebaliknya pada masyarakat kalangan bawah yang status kesehatannya tidak dipedulikan.

            Pada era ini faktor-faktor penentu status kesahatan mulai diperluas. Faktor-faktor tersebut yaitu dari lingkungan fisik, sosial, budaya, organisasi, masyarakat, dan tinggi rendahnya pelayanan kesehatan di sekitar (Pender et al, 2015). 
               Baca Juga:
               1. Pengertian Sehat Sakit
               2. Diet Sehat dan Alami
Selain itu terdapat faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kesehatan (Susilowati, 2016) :
1.      Kesenjangan sosial
Pada kesehatan masyarakat yang memiliki maslah dengan keuangan dan finansial akan lebih rentan terhadap penyakit dan memiliki harapan hidup yang kurang baik. Diberikan contoh pada kasus kematian neonatal akan lebih rentan terjadi pada masyarakat yang memiliki ekonomi rendah.
2.      Pekerjaan
Pada masyarakat yang memiliki pekerjaan rentan terhadap resiko terganggunya kesehatan, akan lebih sering mengalami gangguan kesehatan. faktor yang bisa untuk mengurangi resiko tersebut adalah dengan cara menggunakan alat perlindungan diri.
3.      Psikososial
Psikososial dapat mempengaruhi kesehatan dikarenakan jika seseorang dapat mengontrol pikiran dan jiwanya, kesehatan akan tetap terjaga dan penyakit akan jauh dari kita.
4.      Pangan
Jika mengkonsumsi gizi yang baik seseorang akan terhindar dari penyakit dan terjaga kesehatannya.
Daftar Pustaka
Pender, Nola J., et al. 2015. Health Promotion In Nursing Practice. United States of America. Pearson Education, Inc.
Susilowati, Dwi. 2016. Promosi Kesehatan. Jakarta Selatan. Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan

No comments:

Post a Comment