6 cara agar terhindar dari diare saat lebaran

6 cara agar terhindar dari diare saat lebaran

Diare menjadi penyakit paling umum seteah lebaran selesai, buktinya banyak orang yang pergi ke Puskesmas dan rumah sakit gara-gara penyakit atau gangguan pencernaan ini karena bisa dicegah, penyebab umum mengapa diare meningkat setelah lebaran dikarenakan pencernaan terlalu banyak mendapatkan porsi makanan dan kue dimana komposisi makanannya banyak mengandung santai, susu dan cabai. Berikut akan kita bahas tujuh cara untuk menghindarinya.

1.      Makan secukupnya

Mengapa secukupnya karena saat bulan ramadhan pencernaan dilatih untuk makan secukupnya agar pencernaan kita tidak kaget dengan perubahan pola makan berubah drastis apalagi makanannya mengandung asam, cabai dan soda.

2.      Makanan Lunak

Pilihlah makanan lunak seperti bubur alasannya karena bubur mudah dicerna walau makanan ini tidak terlalu banyak saat lebaran.

3.      Kurangi konsumsi susu

Susu memerlukan enzim lactose agar bisa dicerna dan efektifitas enzim ini pada setiap orang berbeda beda, terlalu banyak mengkonsumsi susu makan akan memperberat kerja saluran pencernaan.

4.      Hindari makanan pedas

Nah ini dia makanan yang banyak disukai tapi dapat menyebabkan terjadinya diare karena makanan pedas bersifat asam yang dapat menstimulasi pencernaan untuk bergerak cepat namun sulit untuk dicerna sehingga terjadilah diare.

5.      Banyak minum

Nah jika beberapa informasi diatas dapat menyebabkan gangguan pencernaan banyak minum justru dapat melancarkan pencernaan tapi minumnya adalah minum air putih bukan sirup.

6.      Puasa

Selain merupakan ibadah sunnah puasa syawal juga bermanfaat bagi kesehatan, puasa syawal adalah puasa selama 6 hari setelah lebaran.

Okay itu dia 6 cara agar terhindar dari diare setelah lebaran, semoga bermanfaat untuk lebih jelas mengenal apa itu diare bisa tonton di video ini

Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment