Cara Menurunkan Kolesterol yang efektif!!


Cara Menurunkan Kolesterol yang efektif!!
Untuk individu dengan kadar kolesterol tinggi, kadar kolesterol dapat dikurangi dengan memperbaiki gaya hidup sehat, dengan beberapa cara:

1.       Konsumsi Banyak Serat
Konsumsi serat yang terkandung dalam biji-bijian dan buah-buahan dapat mengurangi kolesterol jahat. bakteri baik yang hidup di dalam usus menggunakan serat  sebagai nutrisi, yang kemudian memainkan peran dalam mengurangi kadar kolesterol.
Satu studi juga menunjukkan bahwa asupan tinggi serat dapat mencegah resiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Oleh karena itu, mengkonsumsi berbagai jenis sayuran kaya serat untuk menurunkan kolesterol yang tinggi dalam darah.

2.       Mengurangi Lemak Jenuh dan Lemak Trans
 Lemak jenuh ditemukan dalam jeroan, makanan yang digoreng, makanan cepat saji dan daging olahan. Sementara lemak trans umumnya terkandung dalam margarin dan kue-kue. Untuk menurunkan kolesterol, dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan mengandung lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) pada individu dengan kolesterol tinggi. Sementara itu, lemak sehat juga dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Jadi, mulailah mengurangi konsumsi makanan-makanan yang akan meningkatkan kadar kolesterol kolesterol.

Cara Menurunkan Kolesterol yang efektif
3.       Exercise atau Olahraga
Selain membuat tubuh Anda fit, berolahraga secara teratur dapat mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Dalam satu studi, aerobik selama 12 minggu terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat pada wanita yang kelebihan berat badan. Olahraga teratur juga membantu dalam penurunan berat badan dan menghambat pembentukan kolesterol dalam tubuh. Disarankan untuk berolahraga minimal 30 menit lima kali seminggu, untuk memperoleh manfaat dalam mengurangi kadar kolesterol.

Selain menjaga asupan makanan dan olahraga, merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan sebaiknya dihentikan. Pada perokok dan peminum alkohol, mengalami penurunan kemampuan untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sehingga arteri akan lebih rentan terhadap penyumbatan. Hal ini dapat menyebabkan perubahan dalam tubuh yang bisa berakibat fatal.

No comments:

Post a Comment